Top 10 Manga Di Indonesia

Top 10 Manga Di Indonesia | ElanggaBlog's

10. Bleach
Bleach bercerita tentang petualangan tokoh utamanya yang namanya Ichigo Kurosaki sebagai seorang Shinigami (malaikat maut). Apa yang luar biasa dari manga ini menurut sy adalah unsur surprise yang tidak tersaingi oleh manga-manga lain, pengarangnya sangat lihai menghadirkan kejutan dalam jalan cerita. Yang sy ga suka adalah, kadang adegan pertarungan terlalu panjang, jadi berchapter-chapter isinya cuma tentang pertarungan aja, padahal gambar pertarungannya ga jelas (kt sy mah). Kekurangan lainnya adalah, menurut sy Bleach ini cocok kalau kemarin ditamatin setelah tokoh utamanya mengalahkan tokoh super jahatnya, dengan bayaran yang harus ditebus berupa hilangnya kekuatan si tokoh utama, eh tapinya ceritanya malah dipanjangin lagi sama pengarangnya, dibuat kisah/topik baru, kaya sinetron aja. Tapi gapapa juga sih, soalnya kisah barunya seru, dan lagi-lagi, bener-bener mengejutkan Sampai sekarang Bleach masih ongoing dan sy tunggu chapter terbaru scanlationnya tiap hari Kamis/Jum’at 
9. Hajime no Ippo (Fight Ippo)
Hajime no Ippo bercerita tentang perjalanan hidup tokoh utamanya Ippo Makunouchi dari asalnya anak SMA korban bullying sampai jadi juara tinju Jepang (dan mungkin nantinya jadi juara dunia). Yang sy suka dari manga ini adalah, meski puanjangg banget, tapi somehow ga ngebosenin. Adegan pertarungan (1 pertandingan tinju) jg bisa makan banyak banget chapter, tapi sy ga bosen karena gambarnya detail dan jurus-jurusnya jd bisa dimengerti. Btw ni komik pas awal-awal gambarnya jelek, sekarang setelah sekian ratus chapter (sekarang kira-kira komik ini udah sampe volume 90) gambarnya udah bagus. Hajime no Ippo ini sampai sekarang masih ongoing, tp chapter scanlationnya keluarnya ga bisa diprediksi, biasanya sih antara Sabtu-Rabu.
8. School Rumble
School Rumble adalah manga komedi romantis yang luar biasa kocak. Ceritanya berkisar di kehidupan sekitar tokoh utamanya yang super lugu (atau bodoh? :p) yang namanya Tsukamoto Tenma, baik nyeritain tentang gengnya (Suou Mikoto, Akira, Eri Sawachika), tentang cowo yang ngejar-ngejar dia (Harima Kenji), atau tentang cowo yang dia suka (Karasuma). Tapi inti ceritanya sih cinta segitiga Harima – Tenma – Karasuma. Yang sy suka dari manga ini adalah kocaknya bukan main, bener-bener bisa bikin ketawa sendirian, manga terlucu yg pernah sy baca menurut sy, dan animenya pun sama kocaknya luar biasa Yang sy ga suka dari manga ini adalah kalau lagi nyeritain kisah sampingan tentang temen-temen sekelas yg lain yang bukan Tenma dan gengnya, suka ga rame soalnya cerita sampingannya hehe. School Rumble udah tamat, tapi klo di Indonesia masih bersambung di Shonen Magz kalau ga salah.
7. Dragon Ball
Ini lah manga pertama yang sy pernah punya seumur hidup Dragon Ball bercerita tentang petualangan seumur hidup tokoh utamanya Son Go Ku dari sejak dia kecil sampai pas tamatnya dia udah punya cucu. Dragon Ball sendiri adalah bola ajaib yang jumlahnya di dunia hanya ada 7, dimana jika ketujuh bola terkumpul di tempat yang sama akan muncul naga yang bisa mengabulkan 3 permintaan, apa pun permintaannya. Yang sy suka dari manga ini adalah gambarnya keren, ceritanya rame, disisipi humor dengan baik, dan dengan kisah tokoh utamanya yang lengkap dari mulai dia masih kecil sampai jadi tua dan menghadapi berbagai macem musuh yang makin dia tua musuhnya makin jago dan berbahaya, rasanya jadi timbul semacam “affection” sama si tokoh utamanya. Manga ini udah tamat dari jaman kapan.
6. Doraemon
Doraemon! Siapa yang ga tau manga legendaris yang satu ini. Bercerita tentang Doraemon, robot yang datang dari abad 22 dengan membawa berbagai peralatan ajaib untuk menolong Nobita yang sangat ceroboh. Ada banyak hal yg sy suka dari Doraemon, diantaranya: pengarangnya sangat imajinatif, banyak peralatan ajaib yang sekarang sudah bisa terwujud ada. Selain itu, manga ini juga memberi pelajaran moral yang baik, karena biasanya yang menyalahgunakan alat ajaib akan mendapat kesialan pada akhirnya. Dan, yang paling utama, somehow rasanya sy ga bosen-bosen baca Doraemon; meski udah apal di luar kepala apa ceritanya, tetep aja Doraemon ini enak untuk jadi bacaan ringan yg ga perlu mikir untuk menemani saat makan. Btw dulu pas kecil, saking kepengaruhnya sama ni manga, sy suka sering sampe mikirin dan ngelamunin Nobita dan Doraemon dan teman-temannya haghag. Yang sy tau sih, pengarang manga ini keburu meninggal sebelum manganya tamat.
5. Team Medical Dragon
Team Medical Dragon adalah manga yang bercerita tentang tim bedah jantung yang dipimpin oleh dokter jenius Asada Ryutaro. Saking jeniusnya Asada-sensei, hampir semua pasien, sesulit apa pun kondisinya, bisa diselamatkan, walau pun di manga ny pernah juga digambarkan ada juga pasien yang ahirnya tidak tertolong. Yang sy bener-bener suka dari manga ini adalah, manga ini banyak menggunakan istilah medis dan memberi penjelasan tentang istilah medis tersebut, serasa sangat edukatif (walaupun setelah dikasih penjelasan pun rasany tetep aja ga ngerti haha). Jalan ceritanya – yang banyak berkisar tentang berbagai operasi bedah yang dilakukan dan juga intrik-intrik politik rumah sakit – juga sangat rame. Manga ini ada doramanya, dan meski doramanya rame, doramanya ceritanya agak beda sama manganya, dan menurut saya masih ramean manganya. Sayangnya, resource Team Medical Dragon ini di internet sangat sedikit, saya ga bisa nemuin scanlationnya yang lebih update dibanding komik versi cetak di Indonesia. Sampai saat ini Team Medical Dragon belum tamat (kayanya).
4. Fantasista
Fantasista adalah manga dengan genre olahraga terbaik yang pernah sy baca. Fantasista bercerita tentang perjalanan karir Teppei Sakamoto dari asalnya seoarang anak yang kesepian hingga terpaksa main bola sendirian di pulau sampai akhirnya dia jadi pemain AC Milan dan andalan timnas Jepang. Manga ini gambarnya bagus (baik gambar ekspresi pemain, background, dll), ceritanya oke (baik cerita ttg apa yg terjadi di dalam maupun di luar lapangan sama2 seru), dan yang membedakan dia dengan komik-komik sepakbola lain adalah, Fantasista bener-bener logis. Ga ada jurus tendangan halilintar, kiri ajaib, dll. Tapi, meski jurusnya ga ajaib, tetep aja kerasa hebatnya si tokoh utamanya. Manga ini sudah tamat.
3. Rurouni Kenshin (Samurai X)
Rurouni Kenshin bercerita tentang seorang mantan pembantai bernama Kenshin Himura yang berubah menjadi seorang pengembara yang berprinsip untuk tidak pernah lagi membunuh orang dan mengembara berkeliling untuk melindungi orang-orang. Dalam pengembaraannya, Kenshin akhirnya menemukan teman-teman baik seperti Kaoru, Sanosuke, dan Yahiko. Yang sy suka dari manga ini adalah gambarnya bagusss, ceritanya serius dan rame, humornya segar, ada romannya juga, ini benar-benar manga yang sangat lengkap menurut sy. Rurouni Kenshin di Indonesia beredar juga dengan nama Samurai X, dan udah tamat.
2. Death Note
Tokoh utama manga ini adalah anak SMA bernama Raito Yagami yang menemukan buku sakti, yang cukup dengan menuliskan nama seseorang di buku itu, orang yang dimaksud akan mati. Death Note bercerita tentang bagaimana Raito bermaksud menciptakan dunia yang bersih dari kejahatan dengan menggunakan buku tersebut dan bagaiamana detektif yang bernama L berusaha menangkapnya. Death Note gambarnya bagus tapi kadang musingin, nyaris ga ada humor, dan ga ada unsur romannya sama sekali. Terus kenapa manga ini nangkring di nomor 2 di list top 10 manga? Jawabannya adalah karena Death Note amat sangat RAME gila pisan so freaking bad. Ketegangan yang dibangun oleh manga ini bener-bener extraordinary, so far ini adalah manga dengan jalinan cerita paling seru yang pernah sy baca. Death Note udah tamat di komik nomor 12 di Indonesia.
1. One Piece
Dan akhirnya, manga yang menduduki posisi best of the best manga adalah… One Piece! Inilah manga paling superb, sebuah masterpiece, dan levelnya jauh di atas manga-manga lainnya. One Piece bercerita tentang petualangan Monkey D. Luffy dalam mengarungi lautan untuk menjadi raja bajak laut dan menemukan harta karun legendaris, yaitu One Piece. I love every single bit things of this manga. Gambarnya detail, imajinatif, bagus, backgroundnya lengkap, dan sesuai keperluan (ada kalanya gambar karakternya cute ada saatnya gambar karakternya sangat mirip orang betulan). Tingkat seru dan ketegangan tidak kalah dari Death Note, tapi bedanya kalau Death Note memelihara ketegangan terus menerus, One Piece menyelingi dengan berbagai humor yang benar-benar lucu, adegan flashback yang sering mengharukan, dll intinya mah One Piece ini sangat piawai mengaduk-aduk emosi. Kerjasama tim yang dibangun dan dicontohkan manga ini pun sangat inspiratif. Gambar cover tiap chapter juga seru, karena biasanya gambar cover chapter dipake untuk menceritakan apa yg terjadi dengan orang-orang yang lagi ga masuk kisah utama. Dan One Piece, meski panjang banget, bener-bener ga ngebosenin, bahkan meski dibaca berulang kali.
Satu-satunya kekurangannya palingan cuma, tiap minggu cuma terbit 1 chapter jadi tiap habis baca 1 chapter harus geregetan penasaran selama 1 minggu nunggu chapter berikutnya wkwk. Oh iya, kalau di versi komik cetak di Indonesia, antar chapter itu suka ada kolom namanya pojok SBS yang isinya adalah sang pengarang menjawab pertanyaan-pertanyaan dari surat-surat yang masuk ke dia, and you know what, bahkan pojok SBS pun bener-bener menghibur! Manga ini belum tamat, dan kalau kamu jg suka manga ini, pertimbangkanlah untuk beli komik versi cetaknya untuk mensupport pengarangnya 

SOURCE

3 Responses to "Top 10 Manga Di Indonesia"

  1. 2,3,4,5 gak top
    no 1 itu ya naruto

    BalasHapus
    Balasan
    1. Menurut ane juga begitu sob :D
      Tapi ini ane boleh copas dari blog tetangga..
      Thanks atas kritiknya sob:)

      Hapus

~Tata Cara Berkomentar~
1. Berkomentar dengan sopan,No SARA/SPAM dan Sejenisnya
2. Komentar harus bersifat Membangun dan Mendidik
3. Bila ingin dikunjungi balik, Silahkan gunakan format Name/URL saat berkomentar
4. Dilarang menghina sesama Blogger lain